Friday, July 24, 2009

Kurangi Waktu Bermusik Anda Demi Menghasilkan Musik

Artikel asli oleh Jason Timothy. Versi asli dapat dilihat di : http://www.musicsoftwaretraining.com/blog/?p=234

Kurangi Waktu Bermusik Anda Demi Menghasilkan Musik

Saya yakin anda pernah juga berjuang dengan kreativitas anda dalam menghasilkan sebuah karya. Anda menghabiskan waktu yang banyak untuk menyelesaikan lagu anda. Pernahkah anda merasa malas untuk mulai menciptakan sebuah lagu karena merasa tidak akan pernah punya cukup waktu untuk menyelesaikannya?


Saya mengerti perasaan itu.


Sekitar 6 bulan yang lalu saya membuat sebuah komitmen bahwa selama 30 hari saya akan mengerjakan musik minimal 2 jam sehari, tiap hari. Apapun yang saya lakukan tidak penting, selama itu adalah menciptakan sebuah karya. Saya berpikir bahwa saya butuh disiplin semacam ini demi menyelesaikan semua ide-ide lagu yang tidak pernah tergarap sampai selesai. Janji itu berjalan baik di 5 hari pertama dan saya sendiri sangat termotivasi di 3 hari pertama. Lalu kejadian-kejadian di dunia nyata mulai mengganggu janji tersebut dan motivasi saya terkikis sedikit demi sedikit. Saya menghasilkan beberapa karya yang lumayan, tapi saya pribadi merasa bahwa saya gagal untuk menjalankan komitmen saya di awal. Saya memutuskan untuk meninggalkan komitmen tersebut dengan kemungkinan untuk menjalankannya kembali di lain waktu. Saya pribadi meraa bahwa tujuan utama dari komitmen ini tidak realistis bagi saya pribadi (saya katakan “bagi saya pribadi” karena mungkin untuk beberapa orang di luar sana komitmen tersebut bisa saja terdengar masuk akal. Kalau anda merasa begitu, saya persilahkan untuk anda jalankan!)


Tahun ini saya mencoba pendekatan yang berbeda, untuk tujuan apapun dalam hidup.


Anggaplah ini sebagai sebuah latihan. Ide utamanya adalah untuk membangun kebiasaan dahulu daripada sudah berpikir mengenai proses produksi maksimal dan hasilnya. Ide baru saya ini adalah menciptakan sebuah tujuan yang sangat sederhana, sehingga akan sangat keterlaluan apabila saya tidak bisa mencapainya tiap hari. Kuncinya disini adalah SETIAP HARI, bukan 5 hari seminggu, bukan hari-hari lainnya… SETIAP HARI. Hal ini penting dalam membangun sebuah kebiasaan.


Ketika saya memutuskan untuk berolahraga supaya lebih bugar, saya memutuskan untuk berkomitmen melakukan 20 kali push up dan 50 kali sit up. Tidak lebih dan tidak kurang. Hal itu cukup mudah untuk dilakukan dan hanya menghabiskan waktu beberapa menit saja tiap hari. Walaupun saya tidak melihat ada perkembangan penting dalam kebugaran tubuh saya, saya justru melihat bahwa kebiasaan saya berolahraga terbangun dengan kuat.


Karena sudah menjadi kebiasaan, saya memutuskan untuk mulai menambah beban latihan dengan menambah porsi sit up dan push up serta menambah latihan beban dalam program latihan saya. Akhirnya saya tidak saja memperhatikan adanya perbedaan, tapi saya bahkan tidak bisa berpikir untuk membolos latihan sehari saja.


Intinya disini adalah menciptakan kebiasaan terlebih dahulu, dan ketika kebiasaan tersebut sudah mulai terbangun, pelan-pelan kita tingkatkan tantangan sedikit demi sedikit sehingga kta menjadi cukup tertantang, tapi tidak terlalu susah sehingga kita sampai tergoda untuk membolos latihan sehari saja.


Kembali ke produksi musik…


Ide saya untuk anda adalah mendedikasikan diri anda selama 15 menit per hari, tiap hari, untuk membuat musik. Tidak penting apapun yang anda lakukan, tapi pastikan bahwa anda berkreasi dengan cara apapun


Jika anda sedang tidak berada di depan komputer atau di luar rumah, mungkin anda bisa meminjam gitar akustik teman anda, menulis lirik lagu atau menyenandungkan sebuah melodi dan merekamnya di sebuah perekam portabel. Apapun situasinya, dimanapun anda berada… tidak ada alasan… 15 menit! Itu saja.


Sejalan dengan terbangunnya kebiasaan anda, beberapa hal akan mungkin terjadi :

1. Otak anda akan terbiasa untuk kreatif dan ide-ide baru akan mulai bermunculan

2. Anda akan menjadi lebih produktif dalam 15 menit dibandingkan dengan orang lain yang menghabiskan waktu 1 jam. Inilah sisi positif dari kebiasaan. Kebiasaan akan mengarahkan kita pada hidup yang lebih efisien.

3. Anda mungkin akan menghabiskan waktu lebih dari 15 menit di suatu waktu, tapi jangan dijadikan alasan untuk mengurangi waktu 15 menit anda di keesokan harinya.

Saya yakin apabila anda melakukan ide saya untuk membangun kebiasaan dalam kehidupan bermusik anda dan untuk hal-hal lain dalam hidup anda, anda akan mendapatkan pencapaian-pencapaian yang tidak pernah anda kira sebelumnya!


Sedikit pendekatan yang berbeda yang bisa anda coba


Saat anda sudah bisa membangun kebiasaan tersebut, anda dapat menciptakan berbagai cara untuk mendorong kreativitas anda lebih jauh lagi. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan batasan pada kreativitas anda setiap hari. Ya, saya tidak salah tulis, batasilah waktu anda!


“Hari ini saya hanya akan menghabiskan waktu 30 menit untuk membuat musik”.


Hal ini merupakan cara yang baik untuk melatih otak kiri anda yg bersifat analitis untuk tidak menebak-nebak segala hal yang anda lakukan dan menciptakan sebuah urgensi untuk mencapai lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit.


Bukankah ini adalah alasan mengapa ada kematian? Jika tidak ada kematian, maka hanya sedikit diantara kita yang akan melakukan hal-hal yang berguna, karena kita akan berpikir, “ah, masih ada hari esok”.


Jangan menunggu sampai besok, mulailah hari ini dan setiap hari. Mulailah dari hal yang kecil untuk membentuk sebuah kebiasaan, dan mulailah menambah bebannya ketika kebiasaan anda sudah terbentuk. Semoga beruntung!

No comments:

Post a Comment